24 March, 2016

Langkah Kongkoh

Pada awal bulan Maret 2016, ada sahabat kongkoh kirim pesan via facebook, menanyakan kabar. Karena ia bertanya kabar maka kongkoh pun menjawab "kabar baik". Sahabat kongkoh ini bertemu dan berkenalan pada waktu kongkoh mengabdi di sekolah MTs yang bertempat di Cipayung Cikarang Bekasi pada pada tahun 2005an, beliau pada saat itu masih menjabat sebagai TU di sekolah tersebut. Itu sekilas profil orang yang kirim pesan ke kongkoh. Setelah chat via facebook lalu percakapan pun dilanjutkan via WA. Isi percakapan kami ya seputar kegiatan sekolah MTs. Pada awal percakapan ada yang menarik perhatian saya. Pada waktu itu saya tanya bagaimana kabarnya MTs? ia menjawab MTs sekarang siaga 3 pak. Saya bingung kenapa jawabnya siaga 3!!!! saya tanya lagi apa maksudnya pak siaga 3? apa karena kurang murid? eh..akhirnya dia jawab iya pak skr MTs muridnya sedikit ada 60 orang kelas 1,2 dan 3. Memang sekarang  sudah berdiri SMPN namun saya lupa tahun berapa...kebetulan lokasi MTs dan SMPN saling berdekatan. Obrolan kami pun dilanjutkan...saya bilang sekarang kepala sekolahnya siapa? ehh..dia jawab saya pak sekarang yang diberikan kepercayaan oleh yayasan untuk menjabat kepala sekolah, menggantikan kepala sekolah yang sebelumnya telah mengundurkan diri dikarenakan diterima jadi PNS di SMPN. Lalu percakapanpun dilanjutkan, saya memberikan saran ke sahabat saya ini yang sekarang jadi kepala sekolah MTs. tersebut, Pak kalau bisa coba buat kurikulumnya yang bagus supaya bisa menarik masyarakat untuk memasukan anaknya ke MTs. Dia jawab Iya pak, dan InsyaAllah saya akan membawa MTs. menjadi lebi baik. Lalu pertanyaan saya, pak apa ada beasiswa untuk siswa yang berprestasi? DIa jawab, tidak ada. lalu iseng-iseng saya lontarkan pernyataan, pak kalau ada orang yang mau memberikan beasiswa bagaimana? dia menjawab, boleh tuh pak.  Akhirnya saya deskripsikan beasiswa yang saya maksud, dan dia pun setuju dengan maksud saya tesebut. Akhirnya saya sepakati bahwa saya rencananya akan memberikan beasiswa pada anak yang prestasi akademiknya bagus yaitu anak ranking 1 untuk kelas 1, 2 dan 3. Untuk nominal saya bilang setiap bulan Rp.50.000,- @siswa yang berprestasi setiap bulannya, dan uang tersebut diberikan ke siswa setiap semester. Jadi setiap anak yang berprestasi setiap semesternya menerima Rp.300.000,- dikalikan 3 siwa berprestasi kelas 1, 2 dan 3 jadi total Rp.900.000,-setiap semester. Akhirnya kami sepakat untuk memulai mentransfer untuk setiap bulannya Rp.150.000,- pada awal bulan April 2016. Akhirnya "kongkoh" sampaikan ke sahabat yang sekaligus menjabat kepala sekolah tersebut untuk di do'akan agar rencana ini berjalan lancar. Dan semoga dengan adanya kegiatan beasiswa ini banyak orang tua siswa yang tertarik memasukkan anak-anaknya ke sekolah MTs tersebut  yang menurut pandangan kongkoh, MTs memiliki kelebihihan diatas sekolahan yang reguler. DAN UNTUK SAHABAT-SAHABT KONGKOH YUK KITA SISIHKAN SEBAGIAN HARTA KITA YANG DIPEROLEH UNTUK MEMBANTU YANG LAINNYA. 


Alhamdulillah Pemberian Beasiswa Tahap Pertama sudah dilakukan untuk kelas 1, 2 dan 3. Mudah-mudahan diberikan kemudahan untuk tahap selanjutnya. Amin



Bersambung........



0 comments: