This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

29 January, 2011

Makanan yang diharamkan

Di haramkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan daging hewan yang disembeli bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takulah kepada-Ku. Pada har ini telah aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah aku ridai islam sebagai agamamu. Tetapi barang siapa terpaksa karena lapar bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.(Al-Ma'idah:3)



Artikel Terkait:






Perintah Wudu dan Tayamum

Wahai orang-orang yang beriman apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalammu dan (basuhlah) kedua kakimu sampai ke dua mata kaki jika kamu junub maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci), usaplah wajahmu dan tanganmu dengan debu itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur. (Al-Maidah:6)



Artikel Terkait :

Kafir orang yang menyebutkan bahwa Isa Al-Masih itu adalah Allah

Sungguh telah kafir orang yang berkata."Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam." katakanlah (Muhammad), "Siapakah yang dapat menghalang-halang kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al-Masih putra Maryam beserta ibunya dan seluruh (manusia) yang berada di bumi?" dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. (Al-Ma'idah:17)



Artikel Terkait:

28 January, 2011

Perkembangan Model Bioekologikal

Perkembangan Model Bioekologikal 


Perkembangan model bioekologikal cukup mendapatkan perhatian dari para psikologi perkembangan. model bioekologikal dikembangkan oleh Urie Bronfenbrenner. dalam melakukan penelitiannya Urie Bronfenbrenner menggunakan lingkungan nyata (actual environment) yang biasa anak berinteraksi. lingkungan tersebut bisa lingkungan keluarga, sekolah atau tempat bermain.
menurut model ini individu adalah yang menjadi pusat dari sistem-sistem yang ada di lingkungnya. ada empat lapisan sistem yang berpengaruh terhadap perkembagan anak menurut model ini yaitu
1. microsistem
2. mesosistem
3. eksosistem
4. makrosistem
microsistem yaitu sistem yang mengatur secara langsung terhadap kehidupan anak. sistem ini mengacu pada keluarga si anak, teman sebaya, sekolah serta aktivitas-aktivitas, peranan, hubungan (relationship) anak dengan lingkungannya dimana mereka berada. anak adalah suatu individu yang aktif bukan yang pasif menerima semua pengaruh dari orang yang berada di sekelilingnya. tapi bisa juga anak bisa memberikan pengaruh terhadap orang yang berada di sekitar anak tersebut berada.hubungan yang berlangsung dalam waktu yang lama bisa memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak. misalanya hubungan antara anak dengan orang tuanya cenderung memberikan efek terhadap perkembangan anak.
Mesosistem yaitu mengarah pada hubungan antara mikrosistem-mikrosistem, seperti rumah, sekolah, tetangga, maupun pusat penitipan anak. perkembangan anak tidak bisa berjalan hanya dipengaruhi dari satu lingkungan saja misalnya cukup lingkungan sekolah saja, tapi secara bersama-sama lingkungan tersebut memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak. contoh anak belajar berbicara itu tidak hanya dipengaruhi dari lingkungan keluarga namun bisa jadi dipengaruhi oleh lingkungan lainnya misalnya oleh tetangga yang ada disekitar tempat tinggalnya.
Ekosistem. pada lapisan ini individu berada pada seting sosial yang lebih luas, dimana dilingkungan sosial tersebut dapat mendorong terhadap perkembangan anak dan orang dewasa. eksosistem ini meliputi seting atau lingkungan formal maupun informal. yang termasuk lingkungan formal misalnya pelayanan kesehatan masyarakan, taman, pusat rekreasi dan pemerintah kota. yang termasuk lingkungan atau seting informal misalnya satu keluarga besar, jaringan sosial, dan tempat kerja.
Makrosistem yaitu tidak masuk dalam konteks lingkungan tetapi lebih cenderung pada ideologi, nilai-nilai, hukum, aturan-aturan dan kebiasan yang dijadikan suatu budaya.membuat perbanding antar budaya mempunyai potensi dapat memberikan efek budaya pada perkembangan.
selain ke empat lapisan tersebut diatas menurut Bronfenbrenner ada satu lagi sistem yang memberikan pengaruh terhadap perkembangan. sistem ini melibatkan keseluruhan aspek tersebut diatas sistem ini disebut dengan kronosistem.

Sumber:
  • Thomas Keenan and Subhadra Evans. An Introduction in Child Development
  • Book google

27 January, 2011

teori psikososial (Erik Erikson)

teori psikososial (psychosocial theory)


teori psikososial dikembangkan oleh Erik Erikson 1902-1990. teori psikososial salah satu teori yang memiliki pengaruh besar terhadap teori perkembangan anak. teori ini memberikan gambaran terhadap perkembangan manusia dari semenjak lahir sampai usia tua. menurut teori ini perkembagan itu bisa dipahami dari tiga faktor yang berbeda keiga faktor tersebut adalah somatik, ego dan masyarakat. ketiga faktor ini memiliki pengaruh terhadap setiap tahap perkembagan manusia selama hidupnya. berikut ini tahap-tahap perkembangan yang di kemukakan oleh teori psikososial:
  1. basic trust vs mistrust (birth to 1 year)
  2. autonomy vs shame and doubt (1-3 years)
  3. initiative vs guilt (3-6 years)
  4. industry vs inferiority (6-11 years)
  5. identity vs identitu infusion (adolescence)
  6. intimacy vs isolation (young adulthood)
  7. generativity vs stagnation (middle adulhood)
  8. ego integrity vs dispair ( old age)
teori ini memang cukup lengkap memberikan rujukan tentang setiap tahap perkembagnan manusia yang dialaminya selama hidup. teori psikososial Erikson ini tidak memberikan penjelasan secara spesifik mengenai bagaimana perkembangan itu terjadi, namun yang dibahas dalam teori ini hanya pada terjadinya tahap-tahap perkembangan manusia selama hidupnya. selain tidak menjelaskan secara spesifik mengenai bagaimana perkembangan itu terjadi teori ini juga tidak menggambarkan secara jelas bagaimana faktor kematangan (maturation) dan faktor sosial berpengaruh terhadap setiap tahap perkembangan.


-------semoga bermanfaat--------


Sumber :
  • Thomas Keenan and Subhadra EvansAn. Introduction to Child Development
  • book google


26 January, 2011

sholat sudah ditentukan waktunya

Selanjutnya apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingat Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (An-Nisa:1103)


Artikel terkait :

Menaati Rosul (Muhammad) berarti menaati Allah SWT.

Barang siapa menaati Rosul (Muhammad), maka sesungguhnya dia telah menaati Allah. Dan barang siapa berpaling (dari ketaatan itu), maka (ketahuilah) Kami tidak mengutusmu (Muhammad) menjadi pemeliharan mereka. (An-Nisa:80)

membalas salam dengan yang lebih baik

Dan apabila kamu dihormati dengan suatu(salam)penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu,yang sepadan) dengannya. Sungguh Allah memperhitungkan segala sesuatu.(An-Nisa : 86)

24 January, 2011

Tayamum

Wahai orang-orang yang beriman! janganlah kamu mendekati shalat, ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula(kamu hampiri mesjid ketika kamu) dalam keadaan junub, kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedang kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun (An-Nisa : 43)