PERKEMBANGAN
Perkembangan adalah perubahan pola yang dimulai dari konsepsi dan dilanjutkan terus pada masa hidup. Gerak pola kehidupan ini sangat komplek, karena pola ini diciptakan oleh beberapa proses seperti proses biologi, kognitif dan sosioemosional.
- Proses biologi, meilibatkan perubahan di dalam tubuh seorang individu. Misalnya perkembangan otak, bertambangnya tinggi dan berat badan, keterampilan motorik, perubahan hormone dari pubertas.
- proses kognitif, perubahan ini meliput cara berpikir, intelegensi, bahasa.
- proses sosioemosional, perubahan ini meliputi hubungan individu dengan orang lain, perubahan emosi, perubahan kepribadian.
Periode Perkembangan :
- Periode prenatal, dimulai dari masa konsepsi sampai lahir. Terbentuknya sel sampai usia 9 bulan proses ini ditandai dengan perubahan dari satu sel menjadi organisme.
- infancy, dimulai dari lahir sampai 18-24 bulan proses ini ditandi dengan dimulainya aktivitas bahasa, berpikir simbolik, koordinasi sensorimotor, belajar kehidupan social.
- early childhood, periode ini dimulai dari berakhirnya masa infancy sampai usia 5-6 tahun. Periode ini kadang sering disebut dengan istilah prasekolah. Perkembangan pada masa ini ditandai dengan memberikan perhatian yang cukup pada dirinya sendiri, berkembangnya kesiapan keterampilan sekolah, waktu diisi dengan bermain dengan teman sebanyanya.
- middle and late childhood, periode ini dimulai pada usia 6 – 11 tahun, ditandai dengan masuk sekolah dasar. periode ini disebut dengan periode sekolah dasar. hal ini ditandai dengan keterampilan membaca, menulis dan berhitung.
- Adolescence, periode ini merupakan periode transisi dari childhood ke adulthood dimulai dari usia 10-12 tahun berakhir pada usia18-22 tahun. Ciri-ciri pada periode ini adalah adanya perubahan bentuk tubuh yang dramatis, berkembangannya karakter sek misalnya berkembangnya buah dada, suara menjadi lebih dalam/berat, perawatan rambut.
Sumber :
Santrock, John W. 2001. Child Development Ninth Edition. Boston Burr Ridge : McGraw-Hill