Pola Perkembangan Anak
by. kongkoh
No
|
Tahap
Perkembangan
|
Lahir
– 3 tahun
|
3 – 4 tahun
|
5
– 6 tahun
|
7
– 8 tahun
|
1
|
Perkembangan fisik
|
-
Perkembangan
fisik yang cepat
-
Duduk dan
merangkak
-
Berjalan dan
mulai untuk lari
-
Berkembangnya
keterampilan motorik halus (dapat menyusun dan mengambil benda halus)
Mengatur garfu dan
sendok makan
|
-
Bertambahnya
keterampilan fisik
-
Mengendari
sepeda roda tiga
-
Berjalan naik
dan turun tangga, lari dengan menggunakan kaki sebelah bergantian
-
Loncat dengan
menggunakan kedua belah kaki
-
Berjalan diatas
balok keseimbangan
-
Memanjat peralatan
yang ada halaman bermain
-
Memakai dan
melepas pakaian sendiri
-
Menangkap bola
dengan lengan yang dijulurkan
-
Berjalan mundur
dengan kaki berjinjit
-
Memegang crayon
dengan jarinya
|
-
Melompat dengan
kaki bergantian
-
Mengendarai sepeda
roda dua
-
Bermain skate
(sepatu luncur)
-
Melakukan leparan
dengan cukup akurat
-
Menangkap bola
dengan kedua belah tangan
-
Jungkir-balik
-
Ikut serta
dalam permainan yang memerlukan keterampilan fisik
-
Berkembangnya otot
kecil, berkembangnya koordinasi mata dengan tangan
-
kontrol otot
yang baik dalam melipat, dapat menggunakan palu/matril, pensil, gunting dll.
-
meniru gambar
geometris
-
Memotong sesuai
garis
-
Menulis beberapa
huruf
-
Menempel denga
lem
-
Gigi mulai
ompong (gigi lepas)]
-
Pegangan tangan
sudah baik
|
-
Keterampilan fisik
menjadi pendi dalam konsep diri
-
Tingkat energy bertambah
-
Tingkat pertumbuhan
melambat
-
Control otot
halus sudah baik, dapat membentuk kertas dengan baik
-
Munculnya gigi
permanen
-
Proposi tubu,
struktur wajah berubah
-
Pola lemparan
dan tangkapan sudah matang
-
Meningkatnya akurasi
lemparan dan tendangan
|
2
|
Perkembangan Sosial
|
-
Merespon orang
lain
-
Menikmati kebersamaan
dengan anak lain
-
Melibatkan diri
dengan orang lain dalam waktu yang singkat
-
Tidak dapat
berbagi dengan orang lain kalau tidak dibujuk
-
Sangat sedikit
kemampuan untuk menunda kepuasan (maksudnya : apa yang diinginkan anak ingin
segera ia dapatkan tanpa mau menunggu)
-
Meniru tindakan
orang lain
-
Bermain paralel
|
-
Menjadi lebih
perhatian pada dirinya
-
Berkembangnya perasaan
alturistik
-
Menjadi peduli
terhadap ras/etnik dan perbedaan jenis kelamin (gender)
-
Mampu diarahkan,
mengikuti beberapa aturan
-
Has strong
feeling to ward home and family
-
Tumbuh rasa
kemandirian
-
Bermain parallel
sudah biasa. Mulai bermain kooperatif
-
Biasa bermain
dengan teman imajinasinya
|
-
expresses rigid
ideas about sex role
-
mempunyai teman
baik untuk yang pendek
-
sering
bertengkat, tapi marahnya tidak lama
-
mampu member dan
mengambil / menerima
-
ingin sekali
berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
-
pertimbangan
guru sangat penting
-
ingin menjadi
yang pertama
-
menjadi posesif(possessive)
|
-
lebih kompetitif
dengan teman sebayanya
-
tergantung pada
orang tua untuk jika ada ketertaikan dan kegiatan yang lebih
-
terpengaruh
oleh opini teman sebayanya
-
bermain dengan
lawan jenis mulai berkurang
-
memerlukan
persetujuan guru
-
mampu berbagi
-
ingin
menyenangkan
-
lebih mandiri
dalam bekerja dan bermain
-
membentuk
persahabatan lebih kekal
|
3
|
Perkembangan Emosional
|
-
tidak tahan
frustrasi
-
mudah menangis
-
sering tidak
mampu mengontrol impuls/gerakan hati
-
mulai
mengekspresikan kasih saying
-
memerlukan
rutinitas dan keamanan
-
mulai merasakan
emosi orang lain
-
mengekspresikan
diri, kadang-kadang empati
|
-
dapat tahan
beberapa frustrasi
-
berkembang
beberapa control diri
-
appreciates
surprises and novel events
-
mulai
menunjukan rasa humor
-
membutuhkan
ekspresi nyata kasih saying
-
takut gelap,
takut ditinggakan, takut terhadap tempat asing
|
-
mengekspresikan
dan menyebutkan perasaannya
-
control agresi
lebih baik
-
expresses less
concern when separated from parents
-
mengekspresikan
rasa humor yang lucu, kata berbohong
-
belajar baik
dari kesalahan
-
berkembangnya
suara hati
|
-
mengekspresikan
reaksi terhadap orang lain
-
sensitive terhadap
ejekan dan kritik
-
mengekspresikan
lebih kekhawatiran : perang, kehilangan orang tua
-
lebih tekun
-
lebih empati,
mampu menghargai pendapat orang lain
|
4
|
Perkembangan kognitif
|
-
investigas
sensorimotor yang dominan pada lingkungan
-
perkembangan
konsep yang cepat
-
berkembangnya
rasa terhadap objek yang permanen
-
berkembangnya
bahasa
-
menggunakan
beberapa kata angka dan kata warna tapi belum dapat memhaminya
|
-
mengikuti instruksi
dari dua perintah
-
membuat keputusan
yang impulsive dan sering salah
-
berkembangnya
kosa kata dengan cepat
-
menggunakan
angka tanpa memahaminya
-
sulit
membedakan antara fantasi dengan yang nyata
-
mulai untuk
mengklasifikasi melalui fungsi
-
mulai
menggunakan beberapa fungsi kata abstrak
-
selalu bertanya
“kenapa”
-
berpikir sangat
egosentris
|
-
menunjukan
tumbuhnya perhatian
-
mampu
mengurutkan objek
-
mampu
mengelompokan objek
-
is more
deliberate, less impulsive in judgments
-
membedakan
antara fantasi dan hal yang nyata
-
gencar
menggunakan bahasa dalam kategorisasi
-
mengetahui
kata-kata dan gambar yang merepresentasikan benda nyata
-
menjadi
tertarik pada angka dan huruf
-
tahu nama-nama
warna
-
does not
spontaneously use rehearsal in memory task
-
mengikuti tiga
perintah yang tidak saling berhubugan
|
-
differences in
reading and language abilities widen
-
transisi
dimulainya berpikir operasioal konkret
-
berbicara dan
berdiskusi adalah penting
-
mampu melakukan
perencanaan
-
dapat
mempertahankan keinginnya lebih lama
-
mulai
memahami sebab akibat
-
tumbuh
pemahaman tentang waktu, uang
-
memahami dan
mengunakan lebih istilah abstrak
-
mengekspresikan
lebih rasa kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
|
Table. Association for supervison and curriculum development
1975; Berk 2006; Tudor 1981
Pola perkembangan anak seperti yang diatas merupakan
terjemahan dari buku Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through Primary Grades (6th Edition)
yang diterjemahkan oleh admin kongkoh. Kalau teman-teman ingin tahu teks aslinya silahkan baca buku sumber aslinya yang tertulis dibawah ini
yang diterjemahkan oleh admin kongkoh. Kalau teman-teman ingin tahu teks aslinya silahkan baca buku sumber aslinya yang tertulis dibawah ini
Sumber : Jo Ann Brewer. Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through Primary Grades (6th Edition) Person. 2007. pp. 16-17