This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

11 June, 2015

pola perkembangan anak

Pola Perkembangan Anak
by. kongkoh


No
Tahap Perkembangan
Lahir – 3 tahun
3 – 4 tahun
5 – 6 tahun
7 – 8 tahun
1
Perkembangan fisik
-      Perkembangan fisik yang cepat
-      Duduk dan merangkak
-      Berjalan dan mulai untuk lari
-      Berkembangnya keterampilan motorik halus (dapat menyusun dan mengambil benda halus)
Mengatur garfu dan sendok makan



























-    Bertambahnya keterampilan fisik
-    Mengendari sepeda roda tiga
-    Berjalan naik dan turun tangga, lari dengan menggunakan kaki sebelah bergantian
-    Loncat dengan menggunakan kedua belah kaki
-    Berjalan diatas balok keseimbangan
-    Memanjat peralatan yang ada halaman bermain
-    Memakai dan melepas pakaian sendiri
-    Menangkap bola dengan lengan yang dijulurkan
-    Berjalan mundur dengan kaki berjinjit
-    Memegang crayon dengan jarinya
-    Melompat dengan kaki bergantian
-    Mengendarai sepeda roda dua
-    Bermain skate (sepatu luncur)
-    Melakukan leparan dengan cukup akurat
-    Menangkap bola dengan kedua belah tangan
-    Jungkir-balik
-    Ikut serta dalam permainan yang memerlukan keterampilan fisik
-    Berkembangnya otot kecil, berkembangnya koordinasi mata dengan tangan
-    kontrol otot yang baik dalam melipat, dapat menggunakan palu/matril, pensil, gunting dll.
-    meniru gambar geometris
-    Memotong sesuai garis
-    Menulis beberapa huruf
-    Menempel denga lem
-    Gigi mulai ompong (gigi lepas)]
-    Pegangan tangan sudah baik
-   Keterampilan fisik menjadi pendi dalam konsep diri
-   Tingkat energy bertambah
-   Tingkat pertumbuhan melambat
-   Control otot halus sudah baik, dapat membentuk kertas dengan baik
-   Munculnya gigi permanen
-   Proposi tubu, struktur wajah berubah
-   Pola lemparan dan tangkapan sudah matang
-   Meningkatnya akurasi lemparan dan tendangan
2
Perkembangan Sosial
-      Merespon orang lain
-      Menikmati kebersamaan dengan anak lain
-      Melibatkan diri dengan orang lain dalam waktu yang singkat
-      Tidak dapat berbagi dengan orang lain kalau tidak dibujuk
-      Sangat sedikit kemampuan untuk menunda kepuasan (maksudnya : apa yang diinginkan anak ingin segera ia dapatkan tanpa mau menunggu)
-      Meniru tindakan orang lain
-      Bermain paralel
-    Menjadi lebih perhatian pada dirinya
-    Berkembangnya perasaan alturistik
-    Menjadi peduli terhadap ras/etnik dan perbedaan jenis kelamin (gender)
-    Mampu diarahkan, mengikuti beberapa aturan
-    Has strong feeling to ward home and family
-    Tumbuh rasa kemandirian
-    Bermain parallel sudah biasa. Mulai bermain kooperatif
-    Biasa bermain dengan teman imajinasinya
-    expresses rigid ideas about sex role
-    mempunyai teman baik untuk yang pendek
-    sering bertengkat, tapi marahnya tidak lama
-    mampu member dan mengambil / menerima
-    ingin sekali berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
-    pertimbangan guru sangat penting
-    ingin menjadi yang pertama
-    menjadi posesif(possessive)
-   lebih kompetitif dengan teman sebayanya
-   tergantung pada orang tua untuk jika ada ketertaikan dan kegiatan yang lebih
-   terpengaruh oleh opini teman sebayanya
-   bermain dengan lawan jenis mulai berkurang
-   memerlukan persetujuan guru
-   mampu berbagi
-   ingin menyenangkan
-   lebih mandiri dalam bekerja dan bermain
-   membentuk persahabatan lebih kekal
3
Perkembangan Emosional
-      tidak tahan frustrasi
-      mudah menangis
-      sering tidak mampu mengontrol impuls/gerakan hati
-      mulai mengekspresikan kasih saying
-      memerlukan rutinitas dan keamanan
-      mulai merasakan emosi orang lain
-      mengekspresikan diri, kadang-kadang empati
-    dapat tahan beberapa frustrasi
-    berkembang beberapa control diri
-    appreciates surprises and novel events
-    mulai menunjukan rasa humor
-    membutuhkan ekspresi nyata kasih saying
-    takut gelap, takut ditinggakan, takut terhadap tempat asing

-    mengekspresikan dan menyebutkan perasaannya
-    control agresi lebih baik
-    expresses less concern when separated from parents
-    mengekspresikan rasa humor yang lucu, kata berbohong
-    belajar baik dari kesalahan
-    berkembangnya suara hati
-   mengekspresikan reaksi terhadap orang lain
-   sensitive terhadap ejekan dan kritik
-   mengekspresikan lebih kekhawatiran : perang, kehilangan orang tua
-   lebih tekun
-   lebih empati, mampu menghargai pendapat orang lain
4
Perkembangan kognitif
-      investigas sensorimotor yang dominan pada lingkungan
-      perkembangan konsep yang cepat
-      berkembangnya rasa terhadap objek yang permanen
-      berkembangnya bahasa
-      menggunakan beberapa kata angka dan kata warna tapi belum dapat memhaminya

-    mengikuti instruksi dari dua perintah
-    membuat keputusan yang impulsive dan sering salah
-    berkembangnya kosa kata dengan cepat
-    menggunakan angka tanpa memahaminya
-    sulit membedakan antara fantasi dengan yang nyata
-    mulai untuk mengklasifikasi melalui fungsi
-    mulai menggunakan beberapa fungsi kata abstrak
-    selalu bertanya “kenapa”
-    berpikir sangat egosentris
-    menunjukan tumbuhnya perhatian
-    mampu mengurutkan objek
-    mampu mengelompokan objek
-    is more deliberate, less impulsive in judgments
-    membedakan antara fantasi dan hal yang nyata
-    gencar menggunakan bahasa dalam kategorisasi
-    mengetahui kata-kata dan gambar yang merepresentasikan benda nyata
-    menjadi tertarik pada angka dan huruf
-    tahu nama-nama warna
-    does not spontaneously use rehearsal in memory task
-    mengikuti tiga perintah yang tidak saling berhubugan
-   differences in reading and language abilities widen
-   transisi dimulainya berpikir operasioal konkret
-   berbicara dan berdiskusi adalah penting
-   mampu melakukan perencanaan
-   dapat mempertahankan keinginnya lebih lama
-   mulai memahami  sebab akibat
-   tumbuh pemahaman tentang waktu, uang
-   memahami dan mengunakan lebih istilah abstrak
-   mengekspresikan lebih rasa kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Table. Association for supervison and curriculum development 1975; Berk 2006; Tudor 1981


Pola perkembangan anak seperti yang diatas merupakan terjemahan dari buku Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through Primary Grades (6th Edition)
 yang diterjemahkan oleh admin kongkoh. Kalau teman-teman ingin tahu teks aslinya silahkan baca buku sumber aslinya yang tertulis dibawah ini