11 June, 2015

pola perkembangan anak

Pola Perkembangan Anak
by. kongkoh


No
Tahap Perkembangan
Lahir – 3 tahun
3 – 4 tahun
5 – 6 tahun
7 – 8 tahun
1
Perkembangan fisik
-      Perkembangan fisik yang cepat
-      Duduk dan merangkak
-      Berjalan dan mulai untuk lari
-      Berkembangnya keterampilan motorik halus (dapat menyusun dan mengambil benda halus)
Mengatur garfu dan sendok makan



























-    Bertambahnya keterampilan fisik
-    Mengendari sepeda roda tiga
-    Berjalan naik dan turun tangga, lari dengan menggunakan kaki sebelah bergantian
-    Loncat dengan menggunakan kedua belah kaki
-    Berjalan diatas balok keseimbangan
-    Memanjat peralatan yang ada halaman bermain
-    Memakai dan melepas pakaian sendiri
-    Menangkap bola dengan lengan yang dijulurkan
-    Berjalan mundur dengan kaki berjinjit
-    Memegang crayon dengan jarinya
-    Melompat dengan kaki bergantian
-    Mengendarai sepeda roda dua
-    Bermain skate (sepatu luncur)
-    Melakukan leparan dengan cukup akurat
-    Menangkap bola dengan kedua belah tangan
-    Jungkir-balik
-    Ikut serta dalam permainan yang memerlukan keterampilan fisik
-    Berkembangnya otot kecil, berkembangnya koordinasi mata dengan tangan
-    kontrol otot yang baik dalam melipat, dapat menggunakan palu/matril, pensil, gunting dll.
-    meniru gambar geometris
-    Memotong sesuai garis
-    Menulis beberapa huruf
-    Menempel denga lem
-    Gigi mulai ompong (gigi lepas)]
-    Pegangan tangan sudah baik
-   Keterampilan fisik menjadi pendi dalam konsep diri
-   Tingkat energy bertambah
-   Tingkat pertumbuhan melambat
-   Control otot halus sudah baik, dapat membentuk kertas dengan baik
-   Munculnya gigi permanen
-   Proposi tubu, struktur wajah berubah
-   Pola lemparan dan tangkapan sudah matang
-   Meningkatnya akurasi lemparan dan tendangan
2
Perkembangan Sosial
-      Merespon orang lain
-      Menikmati kebersamaan dengan anak lain
-      Melibatkan diri dengan orang lain dalam waktu yang singkat
-      Tidak dapat berbagi dengan orang lain kalau tidak dibujuk
-      Sangat sedikit kemampuan untuk menunda kepuasan (maksudnya : apa yang diinginkan anak ingin segera ia dapatkan tanpa mau menunggu)
-      Meniru tindakan orang lain
-      Bermain paralel
-    Menjadi lebih perhatian pada dirinya
-    Berkembangnya perasaan alturistik
-    Menjadi peduli terhadap ras/etnik dan perbedaan jenis kelamin (gender)
-    Mampu diarahkan, mengikuti beberapa aturan
-    Has strong feeling to ward home and family
-    Tumbuh rasa kemandirian
-    Bermain parallel sudah biasa. Mulai bermain kooperatif
-    Biasa bermain dengan teman imajinasinya
-    expresses rigid ideas about sex role
-    mempunyai teman baik untuk yang pendek
-    sering bertengkat, tapi marahnya tidak lama
-    mampu member dan mengambil / menerima
-    ingin sekali berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
-    pertimbangan guru sangat penting
-    ingin menjadi yang pertama
-    menjadi posesif(possessive)
-   lebih kompetitif dengan teman sebayanya
-   tergantung pada orang tua untuk jika ada ketertaikan dan kegiatan yang lebih
-   terpengaruh oleh opini teman sebayanya
-   bermain dengan lawan jenis mulai berkurang
-   memerlukan persetujuan guru
-   mampu berbagi
-   ingin menyenangkan
-   lebih mandiri dalam bekerja dan bermain
-   membentuk persahabatan lebih kekal
3
Perkembangan Emosional
-      tidak tahan frustrasi
-      mudah menangis
-      sering tidak mampu mengontrol impuls/gerakan hati
-      mulai mengekspresikan kasih saying
-      memerlukan rutinitas dan keamanan
-      mulai merasakan emosi orang lain
-      mengekspresikan diri, kadang-kadang empati
-    dapat tahan beberapa frustrasi
-    berkembang beberapa control diri
-    appreciates surprises and novel events
-    mulai menunjukan rasa humor
-    membutuhkan ekspresi nyata kasih saying
-    takut gelap, takut ditinggakan, takut terhadap tempat asing

-    mengekspresikan dan menyebutkan perasaannya
-    control agresi lebih baik
-    expresses less concern when separated from parents
-    mengekspresikan rasa humor yang lucu, kata berbohong
-    belajar baik dari kesalahan
-    berkembangnya suara hati
-   mengekspresikan reaksi terhadap orang lain
-   sensitive terhadap ejekan dan kritik
-   mengekspresikan lebih kekhawatiran : perang, kehilangan orang tua
-   lebih tekun
-   lebih empati, mampu menghargai pendapat orang lain
4
Perkembangan kognitif
-      investigas sensorimotor yang dominan pada lingkungan
-      perkembangan konsep yang cepat
-      berkembangnya rasa terhadap objek yang permanen
-      berkembangnya bahasa
-      menggunakan beberapa kata angka dan kata warna tapi belum dapat memhaminya

-    mengikuti instruksi dari dua perintah
-    membuat keputusan yang impulsive dan sering salah
-    berkembangnya kosa kata dengan cepat
-    menggunakan angka tanpa memahaminya
-    sulit membedakan antara fantasi dengan yang nyata
-    mulai untuk mengklasifikasi melalui fungsi
-    mulai menggunakan beberapa fungsi kata abstrak
-    selalu bertanya “kenapa”
-    berpikir sangat egosentris
-    menunjukan tumbuhnya perhatian
-    mampu mengurutkan objek
-    mampu mengelompokan objek
-    is more deliberate, less impulsive in judgments
-    membedakan antara fantasi dan hal yang nyata
-    gencar menggunakan bahasa dalam kategorisasi
-    mengetahui kata-kata dan gambar yang merepresentasikan benda nyata
-    menjadi tertarik pada angka dan huruf
-    tahu nama-nama warna
-    does not spontaneously use rehearsal in memory task
-    mengikuti tiga perintah yang tidak saling berhubugan
-   differences in reading and language abilities widen
-   transisi dimulainya berpikir operasioal konkret
-   berbicara dan berdiskusi adalah penting
-   mampu melakukan perencanaan
-   dapat mempertahankan keinginnya lebih lama
-   mulai memahami  sebab akibat
-   tumbuh pemahaman tentang waktu, uang
-   memahami dan mengunakan lebih istilah abstrak
-   mengekspresikan lebih rasa kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Table. Association for supervison and curriculum development 1975; Berk 2006; Tudor 1981


Pola perkembangan anak seperti yang diatas merupakan terjemahan dari buku Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through Primary Grades (6th Edition)
 yang diterjemahkan oleh admin kongkoh. Kalau teman-teman ingin tahu teks aslinya silahkan baca buku sumber aslinya yang tertulis dibawah ini






0 comments: